Pasar Persaingan Tidak Sempurna - Definisi, Jenis, dan Ciri - Ciri

- Oktober 05, 2018


PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA - DEFINISI, JENIS, DAN CIRI - CIRI


1.  DEFINISI
                Pasar persaingan tidak sempurna adalah lawan atau kebalikan dari pasar persaingan sempurna yang berarti pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli ataupun sebaliknya. Barang yang diperjualbelikan dalam pasar ini jenisnya heterogen (berbagai jenis barang).



2. JENIS PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
                Pada pasar persaingan tidak sempurna ini mempunyai beberapa jenis bentuk pasar yaitu terdiri atas pasar monopoli, oligopoli, monopsoni dan oligopsoni. Berikut jenis – jenis pasar persaingan tidak sempurna.


A) Monopoli
           Pasar Monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Monopoli berasal dari bahasa Yunani yaitu monos yang berarti satu atau tunggal dan polein yang berarti penjual. Dan penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut “monopolis”.
                   
                   Pasar monopoli mempunyai ciri – ciri yaitu.

  • - Hanya ada satu pihak dalam sebuah industri
  • - Tidak terdapat produk pengganti
  • - Sulit untuk masuk ke dalam pasar
  • - Sebagai penentu harga
  • - Iklan atau promosi tidak diperlukan

                Pasar Monopoli tentu juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pasar monopoli.

- Kelebihan
  • -          Lebih mudah mengontrol kekuasaannya karena kekuasaan hanya dipegang oleh satu pihak.
  • -          Keuntungan yang diperoleh sangat melimpah, dikarenakan pasar tersebut tidak memiliki pesaing.
  • -          Pengembangan perusahaan cepat karena tidak ada pesaing dalam pasar.


- Kekurangan
  • -          Tidak adanya pilihan bagi konsumen karena tidak ada produk yang lain.
  • -          Unsur eksploitasi oleh produsen sangat kuat.
  • -    Adanya ketidakadilan dari produsen terhadap konsumen Karena kekuatan produsen yang mutlak.



B) Oligopoli
                
             Pasar oligopoli adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dan oligopoli juga memiliki struktur pasarnya sendiri. Oligopoli berasal dari bahasa yunani yaitu oligos yang berarti banyak  dan polein yang berarti penjual.
                
                  Pasar Oligopoli mempunyai ciri – ciri yaitu.
  • -          Menghasilkan dua jenis barang (homogen dan heterogen)
  • -          Promosi dan iklan sangat diperlukan
  • -          Harga konsisten tidak berubah – ubah
  • -          Keberadaan perusahaan atau produsen jumlahnya sedikit


Pasar oligopoli mempunyai kelebihan dan kekurangan yaitu.

- Kelebihan
  • -          Konsumen mempunyai kebebesan dan pilihan dalam membeli suatu produk
  • -          Efisiendi dalam produksi sangat diperhatikan
  • -          Kepuasan konsumen dalam membeli barang sangat di prioritaskan


- Kekurangan
  • -          Rentan terjadi persaingan yang tidak sehat
  • -          Dapat menimbulkan terjadinya inflasi
  • -          Rentan menimbulkan ketimpangan atau kesenjangan dalam hal pendapatan



C) Monopsoni
                
            Pasar monopsoni adalah dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan barang atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar. Monopsoni sering terjadi di daerah – daerah perkebunan dan peternakan, dikarenakan didaerah sana banyak terdapat petani atau peternak sebagai penjual dan pembeli hanya tunggal.
               
                Pasar monopsoni mempunyai ciri – ciri yaitu.
  • -          Pembeli menjadi pihak sentral yang menentukan harga
  • -          Barang yang beredar hanya terfokus pada barang mentah
  • -          Terdapat satu pembeli atau konsumen saja


    Pasar monopsoni  mempunyai kelebihan dan kekurangan yaitu.

- Kelebihan
  • -          Kualitas dari produk dari produsen terjamin
  • -          Lebih hemat biaya, dengan menekan biaya produksi yang tinggi


- Kekurangan
  • -          Dengan adanya satu konsumen atau pembeli maka persaingan diantara produsen sangat sulit
  • -       Produk yang tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen akan dibuang atau disimpan   digudang, dikarenakan konsumen hanya satu atau tunggal



D) Oligopsoni
              Pasar oligopsoni adalah keadaan di mana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar.
                
              Pasar Oligopsoni mempunyai ciri – ciri yaitu.
  • -          Ada beberapa konsumen atau pembeli didalam pasar tersebut
  • -          Harga pasar yang berlaku cenderung stabil tidak flutuaktif
  • -          Barang atau produk yang beredar adalah bahan setengah jadi


Pasar oligopsoni mempunyai kelebihan dan kekurangan yaitu.

- Kelebihan
  • -          Penjual kemungkinan mendapatkan keuntungan yang banyak, dikarenakan terdapat lebih dari satu konsumen atau pembeli
  • -          Tekanan dari pembeli kepada penjual tidak begitu terlihat, karena adanya sebuah perlindungan atau hukum yang berlaku


- Kekurangan
  • -          Kualitas dari produk belum pasti atau kurang meyakinkan
  • -          Keamanan dan kenyamanan rendah karena tidak ada identitas pasti yang dimiliki oleh suatu produk


Refensi :


































Comments

Popular posts from this blog

Marketing Mix 5P dan 7P - Definisi dan Perbedaan

Sistem Produksi Kecap bango

Rasio Keuangan - Definisi dan Jenis - Jenis