Marketing Mix 5P dan 7P - Definisi dan Perbedaan


MARKETING MIX 5P dan 7P – Definisi dan Perbedaan





1) Definisi
                Dalam memasarkan suatu produk atau jasa dalam sebuah perusahaan , diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang biasa disebut sebagai bauran pemasaran ( Marketing Mix). Bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.
                Bauran pemasaran ini dibagi menjadi 2 yaitu bauran pemasaran 5P dan bauran pemasaran 7P. Penjelasannya sebagai berikut.




A) Marketing Mix 5P
                Marketing  Mix 5P adalah strategi marketing yang dapat digunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda  untuk memenangkan hati klien dalam target pemasaran. Bauran pemasaran 5P ini terdiri dari faktor faktor pemasaran sebagai berikut.

a) Produk
                Produk disini mengacu pada apa yang di jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien setelah membeli produk atau jasa. Saat melakukan pemasaran, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien. Kita dapat menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.

b) Price
                Berhubungan dengan strategi harga produk dan jasa dan bagaimana itu juga itu akan mempengaruhi klien. Kita harus mengidentifikasikan seberapa besar klien akan membayar produk kita, margin profit, dan metode pembayaran untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi. Kita juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberi diskon dan cashback

c) Promotion
                Aplikasi dalam promosi yang patut kita gunakan untuk menarik klien seperti iklan, taktik penjualan, promosi dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan disebut sebagai taktik marketing.

d) Place
                Place adalah dimana produk atau jasa kita akan dilihat, dibuat, dijual atau didistribusikan. Kemudahan klien menuju ke produk atau jasa kita adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan kita dengan mudah, Jika kita sedang memulai bisnis baru, menemukan lokasi yang strategis adalah kunci utama dalam strategi marketing

e) People
                Mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis kita. Termasuk diri kita sendiri. Saat kita menyediakan customer service yang unggul, kita telah membangun pengalaman positif untuk klien kita dan secara tidak langsung kita juga telah menjual brand kita kepada klien, sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan pelayanan unggul kita dan menjalankan program referal kita.



B) Marketing Mix 7P
                Bauran pemasaran ini semakin lama semakin berkembang terutama dalam bidang jasa, tidak hanya meliputi product, promotion, dan price. Namun juga meninjau dari segi place, people, process dan physical evidence yang selanjutnya dikenal  dalam istilah bauran pemasaran 7P.
                Konsep ini nantinya disesuaikan dengan kondisi perusahaan jasa yang akan melaksanakannya, namun secara umum, konsep 7P ini digunakan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran.
                Bauran pemasaran 7P ini terdiri dari faktor faktor pemasaran sebagai berikut.

a) Product
                Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.

b) Price
                Penetapan harga merupakan suatu hal yang penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar yang dituju, bauran ragam produk, pelayanan dan serta persaingan.

c) Place
                Strategisnya tempat  menjadi suatu yang harus dipertimbangkan secara matang. Tempat – tempat yang strategis, tentu memiliki peluang akses pubilik yang lebih baik dan mudah, namun biaya sewa dari tempat tersebut juga harus dipertimbangkan  sebagai konsekuensi dan kemudahan akses ke konsumen.

d) Promotion
                Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langusung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.

e) People
                People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi bisnis yang membutuhkan sumber daya dengan keahlian tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan nama yang baik diluar.

f) Process
                Layanan jasa ataupun kualitas produk sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri. Maka untuk menjamin mutu layanan, seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

g) Physical Evidence
                Bangunan merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter. Perhatian terhadap interior , perlengkapan bangunan, termasuk lightning system dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting  dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Dan juga harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambiance, sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.


2) Perbedaan Marketing Mix 5P dan 7P
                Kita sudah menjelaskan apa itu bauran pemasaran (Marketing Mix) dan menjelaskan juga jenis – jenisnya dan juga faktor – faktor pemasarannya. Dan kita akan menjelaskan perbedaan apa saja yang terdapat dalam jenis – jenis bauran pemasaran tersebut. Berikut perbedaan – perbedaan diantara 2 jenis bauran pemasaran.

a) Bauran pemasaran  5P merupakan cara yang konvensional karena dari dulu hingga saat ini bauran pemasaran tersebut yang masih bisa digunakan sedangkan bauran pemasaran 7P merupakan cara baru karena hasil berkembangnya dari bauran pemasaran 5P

b) Bauran pemasaran 5P identik dengan perusahaan dagang,perusahaan  jasa juga termasuk namun masih terdapat faktor – faktor pemasaran yang kurang. Sedangkan bauran pemasaran 7P adalah bauran pemasaran yang ideal untuk perusahaan jasa.

c) Dan terakhir sebenarnya kedua jenis bauran pemasaran tersebut tidak ada bedanya, namun karena perkembangan jaman dan sifat konsumen yang selalu berubah – ubah jadi faktor – faktor pemasaran terus beradaptasi dengan perubahan – perubahan yang terjadi dalam masyarakat.



Referensi
2) https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/ ( Diakses tanggal 09 November 2018)
6) https://pbs.twimg.com/profile_images/3730909988/9c8a61f069091f001ac42d4d63e72800_400x400.jpeg ( Diakses tanggal 09 November 2018)


Comments

Popular posts from this blog

Sistem Produksi Kecap bango

Rasio Keuangan - Definisi dan Jenis - Jenis