Marketing Mix 5P dan 7P - Definisi dan Perbedaan
MARKETING MIX 5P dan 7P –
Definisi dan Perbedaan
1) Definisi
Dalam
memasarkan suatu produk atau jasa dalam sebuah perusahaan , diperlukan suatu
pendekatan yang mudah dan fleksibel yang biasa disebut sebagai bauran pemasaran
( Marketing Mix). Bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi
serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan
pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.
Bauran
pemasaran ini dibagi menjadi 2 yaitu bauran pemasaran 5P dan bauran pemasaran
7P. Penjelasannya sebagai berikut.
A) Marketing Mix 5P
Marketing Mix 5P adalah strategi marketing yang dapat
digunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target
pemasaran. Bauran pemasaran 5P ini terdiri dari faktor faktor pemasaran sebagai
berikut.
a) Produk
Produk
disini mengacu pada apa yang di jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan
didapatkan oleh klien setelah membeli produk atau jasa. Saat melakukan
pemasaran, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan
oleh klien. Kita dapat menggunakan research and development untuk menginfokan
perkembangan baru dari produk.
b) Price
Berhubungan
dengan strategi harga produk dan jasa dan bagaimana itu juga itu akan
mempengaruhi klien. Kita harus mengidentifikasikan seberapa besar klien akan
membayar produk kita, margin profit, dan metode pembayaran untuk menarik pelanggan
dan memenangkan kompetisi. Kita juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberi
diskon dan cashback
c) Promotion
Aplikasi
dalam promosi yang patut kita gunakan untuk menarik klien seperti iklan, taktik
penjualan, promosi dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan disebut sebagai
taktik marketing.
d) Place
Place
adalah dimana produk atau jasa kita akan dilihat, dibuat, dijual atau
didistribusikan. Kemudahan klien menuju ke produk atau jasa kita adalah kunci
utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan kita dengan
mudah, Jika kita sedang memulai bisnis baru, menemukan lokasi yang strategis
adalah kunci utama dalam strategi marketing
e) People
Mengacu
pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis kita. Termasuk diri kita
sendiri. Saat kita menyediakan customer service yang unggul, kita telah
membangun pengalaman positif untuk klien kita dan secara tidak langsung kita
juga telah menjual brand kita kepada klien, sebagai balasan, klien yang ada
akan menyebarluaskan pelayanan unggul kita dan menjalankan program referal
kita.
B) Marketing Mix 7P
Bauran
pemasaran ini semakin lama semakin berkembang terutama dalam bidang jasa, tidak
hanya meliputi product, promotion, dan price. Namun juga meninjau dari segi
place, people, process dan physical evidence yang selanjutnya dikenal dalam istilah bauran pemasaran 7P.
Konsep
ini nantinya disesuaikan dengan kondisi perusahaan jasa yang akan melaksanakannya,
namun secara umum, konsep 7P ini digunakan untuk mengambil keputusan dalam
pembuatan strategi komunikasi pemasaran.
Bauran
pemasaran 7P ini terdiri dari faktor faktor pemasaran sebagai berikut.
a) Product
Produk
jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan
konsumen dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli
barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.
b) Price
Penetapan
harga merupakan suatu hal yang penting. Perusahaan akan melakukan hal ini
dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi
pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan
harus diputuskan sesuai dengan pasar yang dituju, bauran ragam produk, pelayanan
dan serta persaingan.
c) Place
Strategisnya
tempat menjadi suatu yang harus
dipertimbangkan secara matang. Tempat – tempat yang strategis, tentu memiliki
peluang akses pubilik yang lebih baik dan mudah, namun biaya sewa dari tempat
tersebut juga harus dipertimbangkan
sebagai konsekuensi dan kemudahan akses ke konsumen.
d) Promotion
Promosi
merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik,
dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi
persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen,
baik secara langusung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.
e) People
People
merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi bisnis yang membutuhkan
sumber daya dengan keahlian tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan
berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge
yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan
pencitraan nama yang baik diluar.
f) Process
Layanan
jasa ataupun kualitas produk sangat bergantung pada proses penyampaian jasa
kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu
sendiri. Maka untuk menjamin mutu layanan, seluruh operasional perusahaan harus
dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan
yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya
bekerja.
g) Physical Evidence
Bangunan
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter.
Perhatian terhadap interior , perlengkapan bangunan, termasuk lightning system
dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Dan
juga harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambiance, sehingga
memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi
pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market
khusus.
2) Perbedaan Marketing Mix 5P dan
7P
Kita
sudah menjelaskan apa itu bauran pemasaran (Marketing Mix) dan menjelaskan juga
jenis – jenisnya dan juga faktor – faktor pemasarannya. Dan kita akan
menjelaskan perbedaan apa saja yang terdapat dalam jenis – jenis bauran
pemasaran tersebut. Berikut perbedaan – perbedaan diantara 2 jenis bauran
pemasaran.
a) Bauran pemasaran 5P merupakan cara yang konvensional karena dari dulu hingga saat ini bauran pemasaran tersebut yang masih bisa digunakan sedangkan bauran pemasaran 7P merupakan cara baru karena hasil berkembangnya dari bauran pemasaran 5P
b) Bauran pemasaran 5P identik dengan perusahaan dagang,perusahaan jasa juga termasuk namun masih terdapat faktor – faktor pemasaran yang kurang. Sedangkan bauran pemasaran 7P adalah bauran pemasaran yang ideal untuk perusahaan jasa.
c) Dan terakhir sebenarnya kedua jenis bauran pemasaran tersebut tidak ada bedanya, namun karena perkembangan jaman dan sifat konsumen yang selalu berubah – ubah jadi faktor – faktor pemasaran terus beradaptasi dengan perubahan – perubahan yang terjadi dalam masyarakat.
Referensi
1) https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/
(Diakses tanggal 09 November 2018)
2) https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/
( Diakses tanggal 09 November 2018)
3) https://i2.wp.com/marketingmix.co.uk/content/uploads/marketing-mix-definition.png?resize=331%2C250
( Diakses tanggal 09 November 2018)
4) https://categorymanagementsolutions.com/wp-content/uploads/2019/12/5Ps-strategy.jpg
(Diakses tanggal 09 November 2018)
5) https://cdn.slidebazaar.com/wp-content/uploads/2017/11/7-P%E2%80%99s-Marketing-Mix-powerPoint-Template.jpg
(Diakses tanggal 09 November 2018)
6) https://pbs.twimg.com/profile_images/3730909988/9c8a61f069091f001ac42d4d63e72800_400x400.jpeg ( Diakses tanggal 09 November 2018)
Comments
Post a Comment